eBay, baru saja mengumumkan item fashion dalam situsnya yang paling laris terjual pada 2014 kemarin. Dan kebanyakan item tersebut terjual karena dipengaruhi oleh para selebriti
Beberapa brand yang menunjukkan peningkatan dalam penjualan adalah Balmain. Penjualan dari brand high-end asal Prancis ini naik 4 persen popularitasnya di 2014, jika dibandingkan dengan penjualan pada 2013.
Kabarnya, penigkatan penjualan ini juga dipengaruhi oleh klan Kardashian, khusunya Kim yang menjadi penggemar karya-karya creative director Balmain, Olivier Rousteing. Tak hanya Kim yang memfavoritkan Balmain, bahkan putri kecilnya, North memiliki koleksi blazer Balmain yang dirancang khusus untuk bayi dua tahun itu.
Selain Balmain, brand high-end lainnya yaitu Givenchy yang difavoritkan Kim juga menunjukkan penjualan yang signifikan. Brand yang digawangi oleh Riccardo Tisci sebagai creative director itu telah menjual lebih dari 5.000 item lewat situs belanja eBay. Givenchy juga menjadi pilihan Kim untuk gaun pengantinnya saat ia menikah dengan Kanye West pada 2014 lalu.
Selain Kim Kardashian, istri baru George Clooney, Amal Alamuddin, juga menginspirasi banyak orang dalam membeli busana. Gaun pernikahan putih lace Amal yang dipakainya saat menikahi George Clooney menjadi incaran fashionista di eBay. Setidaknya gaun rancangan Oscar de la Renta itu laku terjual sampai 11.000 salinan di tahun 2014. Gaun-gaun Oscar juga banyak dicari sebagai tribute untuk mengenang desainer yang wafat Oktober 2014 lalu.
Item fashion paling laris lainnya adalah topi 'gunung' seperti yang dipopulerkan Pharrell Williams awal tahun ini. Topi itu naik penjualannya sampai 43 persen jika dibanding tahun sebelumnya. Pangeran kecil asal Inggris, Pangeran George juga menjadi trend setter tahun ini. Bayi dua tahun itu memengaruhi penjualan brand Cath Kidston sampai 12 persen, setelah dia memakai salah satu sneakersnya di salah satu foto kerajaan yang rilis akhir 2014.
Selain itu, gelang fashion canggih untuk fitness dari Fitbits juga terjual lebih dari 370.000 item di 2014. Penjualan ini mengalahkan tren kacamata Google yang hanya terjual 25.000 item di tahun lalu.