Perjalanan NIKE Hingga Mendunia

Nike, awalnya dikenal sebagai Blue Ribbon Sports, didirikan oleh atlet trek Philip Knight dan pelatihnya, Bill Bowerman dari University of Oregon pada Januari 1964. Awalnya perusahaan beroperasi sebagai distributor untuk pembuat sepatu Jepang, Onitsuka Tiger.

Pada tahun 1966, BRS membuka toko ritel pertama, terletak di Pico Boulevard di Santa Monica, California. Pada 1971, hubungan antara BRS dan Onitsuka Tiger sudah mendekati akhir, dan BRS siap untuk memulai perusahaan alas kaki sendiri. Sepatu pertama yang dijual kepada publik adalah sepatu sepak bola bernama "Nike", yang dirilis pada musim panas 1971.



Pada tahun 1978, BRS, Inc itu sendiri secara resmi berganti nama menjadi Nike, Inc. Dimulai dengan Ilie Năstase, atlet profesional pertama untuk kontrak dengan BRS/Nike, sponsor dari atlet menjadi alat pemasaran utama bagi perusahaan yang berkembang pesat.

Mereka memiliki sepatu terbaik di saat itu, dan mereka perlu mempromosikannya, jadi Nike mulai mensponsori atlet. Nike memutuskan untuk mensponsori John McEnroe, seorang petenis Legendaris yang menghasilkan banyak perhatian ketika ia bermain 

Pada 1979, Nike adalah sepatu lari paling populer di negara-negara bagian Amerika Serikat. Dan sekarang Nike mulai menjual lebih dari sepatu, mereka mulai menjual pakaian dan peralatan olahraga.

Terobosan terbesar Nike adalah Michael Jordan, (NBA Player) yang ditandatangani langsung dari University of North Carolina. Inilah yang membuat Nike menang dari kompetisi sepatu sports. 








JUST DO IT!


Kemudian Nike melesat lebih jauh dengan advertising campaignnya yang menjadi sejarah “just do it”. Campaign just do it sendiri menjadi hit di tahun 1988 dan pada saat ini penjualan nike yang tadinya berada pada angka 800 juta dollar melesat menjadi 2 milyar dollar di tahun 1998. 


Just do it merupakan slogan Nike yang kepopulerannya melebihi produk nike sendiri. Just do it sendiri merefleksikan fakta bahwa orang bisa melakukan apa saja untuk menjadi hebat dan berprestasi dan mereka hanya perlu melakukannya. Ini merupakan salah satu slogan paling terkenal dan diingat orang sepanjang sejarah. 

Slogan tersebut memang berawal saat pertemuan antara agency iklan dari Nike Wieden and Kennedy dan sekelompok pegawai dari Nike. Akhirnya terciptalah slogan yang amat terkenal tersebut. Prinsip "less is more" pada logo dan slogan nike memang merupakan sebuah kesatuan yang menjadi kekuatan dari advertising campaign nike. Hal itu juga yang menjadikan nike salah satu brand paling kuat dan tersohor di dunia.




Sepanjang tahun 1980-an, Nike memperluas lini produk untuk menjaring banyak cabang olahraga dan wilayah di seluruh dunia, termasuk sepakbola! NIKE memiliki perjanjian kerjasama dengan berbagai tim sepak bola dunia seperti Manchester United, F.C. Barcelona, Arsenal, Juventus, dll

Selain itu untuk lebih meningkatkankan brand awarnes, mereka juga mengontrak beberapa pemain sepakbola sebagai bintang iklan seperti Criatiano Ronaldo, Wayne Rooney, Neymar, dsb







Previous
Next Post »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...